Website Resmi Bappeda Kabupaten Kendal

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

Website Info

welcome Welcome. Kami ucapkan Selamat Datang atas kesediaan anda telah berkunjung di Website Resmi Bappeda Kabupaten Kendal ini.

Prosedur Ijin KKN

Blog style Bagi perguruan tinggi yang ingin melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Kendal, silahkan baca prosedurnya terlebih dahulu di sini.

Prosedur Ijin Penelitian

Blog style Untuk dapat melakukan penelitian di Kabupaten Kendal, maka prosedur untuk mendapatkan ijinnya bisa anda baca di sini

Program Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP)

E-mail Cetak PDF

Percepatan Pembangunan Sanitasi PermukimanProgram Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP) merupakan suatu upaya terobosan yang dilakukan pemerintah untuk mengejar ketertinggalan dalam pembangunan sanitasi dan perencanaan pembangunan sanitasi yang responsif dan berkelanjutan. Melalui PPSP ini diharapkan pembangunan sanitasi sebagai dapat urusan bersama antara pemerintah kabupaten/kota, provinsi, pusat, swasta, donor, dan masyarakat. PPSP juga dilakukan untuk mendukung upaya Pemerintah Indonesia memenuhi tujuan-tujuan Millenium Development Goals (MDGs).


Kabupaten Kendal sesuai Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 648-607/kep/bangda/2012 termasuk salah satu dari 13 Kabupaten di Jawa Tengah yang melakukan Program PPSP. Dalam pelaksanaan PPSP ini, Kabupaten Kendal didampingi oleh fasilitator dari IUWASH (Indonesian Urban Water and Sanitation Hygiene).
Didalam PPSP dikenal adanya 6 tahapan yaitu (1) tahap advokasi dan pemberdayaan; (2) tahap pengaturan kelembagaan; (3) tahap penyusunan strategi sanitasi kab/kota; (4) tahap memorandum program; (5) tahap implementasi dan tahap (6) pemantauan dan pembimbingan.
Sesuai dengan tahapan tersebut diatas Kabupaten Kendal telah melakukan kegiatan Visioning Workshop Pengembangan Air Minum dan Sanitasi pada tanggal 29 Mei 2012 sebagai bentuk advokasi kepada stakeholder yang ada di Kabupaten Kendal. Pengaturan kelembagaan dilakukan dengan pembentukan Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (Pokja AMPL).
Saat ini Kabupaten Kendal telah sampai pada tahapan ketiga yaitu penyusunan Buku Putih Sanitasi (BPS). Tahapan ini pada dasarnya merupakan awal dari rangkaian kegiatan penyusunan dokumen perencanaan sanitasi yang ada dalam program PPSP.
Buku Putih Sanitasi berisi gambaran kondisi sanitasi yang ada di Kabupaten Kendal. Dalam penyusunan BPS ini diawali dengan melakukan pengumpulan data primer dan sekunder. Pengumpulan data primer dilakukan secara langsung melalui Studi EHRA (Environmental Health Risk Assessment), SSA (Sanitation Supply Assessment), Studi Komunikasi dan Pemetaan Media. Adapun pengumpulan data sekunder dilakukan dengan melakukan studi pada dokumen-dokumen perencanaan yang ada di SKPD dan non SKPD, data statistik yang dikeluarkan BPS maupun data-data lain yang relevan. Data-data tersebut akan dipakai untuk penetapan Area Beresiko Sanitasi.
Hasil dari BPS ini akan dijadikan sebagai masukan dalam penyusunan Strategi Sanitasi Kabupaten (SSK) dan Memorandum Program Sektor Sanitasi (MPSS).






Add comment

Harap mengisi comment dengan bahasa yang sopan.
Comment anda akan kami saring dulu sebelum ditampilkan. Terima Kasih.


Security code
Refresh

About us

Bappeda ( Badan Perencanaan Pembangunan Daerah ) Kabupaten Kendal
Alamat : Jalan Soekarno-Hatta No. 191 Kendal - Jawa tengah
Telp/Fax. (0294) - 381225 Kode Pos 51311
Email 1: bappeda (at) kendalkab.go.id
Email 2: admin (at) bappeda.kendalkab.go.id

Launching perdana: Desember 2011
Show My Location
Credit to: Tim Website